Logo

7 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Bisa Jadi Inspirasimu

Rumah berlantai 2 membutuhkan perencanaan yang tepat, baik dari segi desain maupun teknik pembangunannya. Apabila kamu ingin mewujudkan rumah minimalis 2 lantai, maka pilihlah konsep yang tepat. Jangan lupa pertimbangkan juga posisi dan desain tangga dalam rumah agar tetap terlihat rapi dan estetik. Berikut ini ada 7 ide desain rumah minimalis dengan 2 lantai yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Klasik dengan Tangga Melingkar

Klasik dengan Tangga Melingkar
Klasik dengan Tangga Melingkar

Pertama ada desain rumah 2 lantai dengan konsep klasik. Jika kamu pencinta konsep klasik, maka ini akan menjadi sebuah pilihan tepat. Apalagi rumah-rumah klasik zaman dulu juga lebih banyak memiliki lebih dari satu lantai. Rumah-rumah tersebut juga memiliki model tangga andalan yang terlihat sangat mewah dan elegan yaitu tangga melingkar.

Kamu bisa mengadaptasi konsep ini ke rumah minimalismu. Konsep tangga klasik dengan gaya melingkar masih bisa diaplikasikan di rumah minimalis. Gunakan saja bentuk melingkarnya kemudian tidak perlu menambahkan berbagai macam aksen dekoratif yang berlebihan. Pilih warna-warna basic agar kesan minimalis masih terasa namun tetap terlihat elegan.

2. Natural Minimalis dengan Tangga Kayu

Natural Minimalis dengan Tangga Kayu
Natural Minimalis dengan Tangga Kayu

Rumah tingkat 2 minimalis bisa terlihat lebih estetik dengan melibatkan unsur-unsur kayu. Pemakaian material kayu memang bisa membantu kamu menciptakan kesan minimalis dengan mudah. Apalagi jika dipadukan dengan warna basic pada bagian dinding dan lantai. Ditambah dengan pemilihan perabot yang minimalis, pasti hasilnya semakin bagus.

Material kayu tidak hanya bisa diaplikasikan pada perabotan rumah namun juga di bagian tangga. Kamu bisa menggunakan tangga kayu untuk menciptakan kesan natural minimalis. Bagian railing tangga bisa dibuat seminimalis mungkin dengan warna-warna basic atau masih menggunakan warna kayu yang natural.

3. Rumah 2 Lantai Industrial Style

Rumah 2 Lantai Industrial Style
Rumah 2 Lantai Industrial Style

Pencinta industrial style pasti akan menyukai konsep rumah minimalis 2 lantai yang satu ini. Gaya industrial memang masih banyak digunakan di rumah-rumah zaman sekarang. Konsep ini bisa menghadirkan kesan estetik dan ada nilai unik di dalamnya. Bagi sebagian orang, konsep industrial juga jauh lebih mudah dijangkau dari segi biaya dibanding konsep lainnya.

Rumah 2 lantai ternyata memang sangat cocok jika menerapkan konsep industrial. Apalagi ada bagian tangga yang bisa didesain dengan gaya industrial untuk meningkatkan estetika. Gunakan warna abu-abu di bagian lantai dan dinding kemudian aplikasikan material kayu di beberapa titik. Tangga dengan perpaduan warna kayu dan hitam akan membuat kesan industrial semakin kuat.

4. Minimalis dengan Warna Basic

Minimalis dengan Warna Basic
Minimalis dengan Warna Basic

Ide rumah tingkat 2 minimalis berikutnya adalah dengan mengaplikasikan tangga dan interior berwarna basic. Kamu pasti tahu kalau warna-warna basic sering digunakan untuk membuat interior atau konsep rumah minimalis. Misalnya saja seperti warna-warna monokrom hitam dan putih juga warna cream serta abu-abu.

Pemakaian desain tangga minimalis juga bisa jadi pilihan. Tidak perlu menggunakan desain tangga melingkar, cukup lurus saja dengan pegangan tangga yang basic. Kemudian warna-warnanya bisa dipilih warna netral dengan dinding putih dan lantai yang lebih gelap. Jangan lupa, letakkan perabot secara minimalis agar tidak terlalu berlebihan.

5. American Style Tangga di Dekat Foyer

American Style Tangga di Dekat Foyer
American Style Tangga di Dekat Foyer

Desain rumah minimalis dua lantai yang mengusung gaya American style juga bisa jadi pilihan. Kamu bisa menggunakan lantai kayu di bagian interior rumah. Lalu aplikasikan warna putih di bagian dinding dan gunakan juga warna-warna pastel di bagian pintu maupun jendela. Selain itu posisi tangga yang tepat berada di dekat foyer juga bisa jadi ide yang bagus.

Rumah-rumah dengan American style memang memiliki desain yang unik. Mereka biasanya akan meletakkan tangga di posisi yang berbeda yaitu di dekat foyer atau setelah pintu masuk. Jadi begitu membuka pintu kamu bisa langsung menemukan posisi tangga. Tangganya bisa dibuat seminimalis mungkin dengan material kayu untuk memperkuat kesan American style.

6. Futuristik dengan Tangga Terbuka

Futuristik dengan Tangga Terbuka
Futuristik dengan Tangga Terbuka

Gaya minimalis juga bisa dipadukan dengan konsep futuristik. Bahkan biasanya rumah-rumah dengan gaya futuristik memang terlihat minimalis jadi tidak terlalu banyak aksen dekoratif tapi tetap menarik. Desain rumah minimalis dua lantai semacam ini bisa jadi pilihan jika kamu bosan dengan desain basic yang itu-itu saja.

Demi menghadirkan konsep futuristik, kamu bisa mengaplikasikan warna putih di seluruh bagian interior rumah. Kemudian padukan juga dengan warna netral lainnya untuk memberikan ketegasan. Desain tangga terbuka bisa jadi pilihan tepat asalkan masih diperhitungkan keamanan dan kenyamanan bagi setiap penghuni. Tanpa pegangan, tangga terbuka bisa terlihat jauh lebih modern dan minimalis.

7. Minimalis Modern dengan Tangga Simple

Minimalis Modern dengan Tangga Simple
Minimalis Modern dengan Tangga Simple

Kamu juga bisa membuat rumah minimalis 2 lantai dengan gaya modern tapi tetap simple. Konsep ini cocok sekali diterapkan di rumah minimalis dengan luas terbatas. Jika ruangan yang tersedia tidak cukup lapang, maka desain ini akan cukup banyak membantu. Apalagi desain tangganya yang sangat simple dan dibuat melingkar, sangat hemat tempat.

Biasanya konsep semacam ini akan sangat disukai oleh para pasangan muda. Desain tangga simple dengan konsep melingkar sangat cocok dengan mobilitas para anak muda. Kamu bisa menggunakan warna hitam pada bagian tangga lalu tetap mengaplikasikan warna putih di bagian dinding. Sementara itu, lantainya bisa menggunakan lantai kayu atau menggunakan lantai berwarna abu-abu.

Ide-ide rumah minimalis 2 lantai tadi bisa jadi inspirasi untukmu. Pastikan untuk memilih konsep yang paling sesuai dengan karaktermu agar terasa nyaman selama berada di rumah. Demi menghasilkan konsep minimalis, cobalah untuk fokus pada pemilihan warna dan perabot. Hindari pemakaian aksen dekoratif yang terlalu berlebihan agar kesan minimalis semakin jelas terlihat. Yuk, lengkapi semua furniture rumahmu dengan Olympic Furniture!

10 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Tepat untuk Kamar Tidur

7 Inspirasi Warna Cat Kamar Aesthetic Minimalis