Logo

12 Tips Menciptakan Desain Dapur Minimalis yang Nyaman & Modern

Dapur bisa dibilang sebagai surga bagi orang yang hobi masak. Apalagi jika desain dapur itu ciamik, pasti kamu bakal betah meracik makanan di sana. Khusus bagi kamu yang suka dengan konsep minimalis, bisa banget nih mengaplikasikan desain dapur minimalis yang sudah disusun khusus untuk kamu. Penasaran bagaimana ide desainnya? Yuk simak aja ulasannya di bawah ini.

1. Bikin Dapur Cerah dengan Nuansa Putih

Bikin Dapur Cerah dengan Nuansa All-White 
Bikin Dapur Cerah dengan Nuansa Putih

Bikin dapurmu kelihatan beda dari dapur kebanyakan dengan pilihan warna all-white atau warna putih keseluruhan untuk dapurmu. Pada bagian dinding dapur, kamu bisa pasang wallpaper dengan warna putih, agar lebih mudah untuk dibersihkan nanti sekiranya ada percikan masakan. Warna putih juga bisa kamu hadirkan pada countertop, serta kabinet atas dan bawah di dapur tersebut.

2. Pakai Nuansa yang Hangat dengan Warna Earth Tone

Hadirkan Nuansa yang Hangat di dapur minimalis dengan Warna Earth Tone
Pakai Nuansa yang Hangat dengan Warna Earth Tone

Desain dapur minimalis dengan penggunaan warna earth tone, seperti krem atau abu-abu, bisa menghadirkan kesan warm dan cozy di dapur rumahmu. Warna earth tone seperti krem ini bisa kamu padukan dengan perabotan dapur berwarna hitam, seperti kursi, kulkas, dan lainnya. Percaya deh, kesan estetik juga bakal memancar dari dapur minimalismu.  

3. Pasang Lampu Hias Gantung agar Makin Estetik

Pasang Lampu Hias Gantung agar dapur Makin Estetik
Pasang Lampu Hias Gantung agar Makin Estetik

Penerangan di dapur minimalis modern bisa kamu hadirkan dengan deretan lampu gantung berdesain unik. Tata peletakkan lampu dengan sebaik mungkin, agar bisa menerangi dapurmu dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk memilih warna perangkat lampu gantung yang sesuai dengan nuansa warna dapurmu, agar kombinasinya bisa terlihat pas.

4. Nuansa Rustic dengan Penggunaan Bahan Kayu

Hadirkan Nuansa Rustic dengan Penggunaan Bahan Kayu
Nuansa Rustic dengan Penggunaan Bahan Kayu

Desain dapur dengan nuansa rustic bisa coba kamu hadirkan dengan menggunakan bahan kayu di dapur, seperti panel kayu atau vinyl kayu. Vinyl kayu bisa jadikan sebagai alas permukaan countertop di dapur ataupun pada salah satu sisi dinding, di mana nantinya sisi tersebut kamu fungsikan juga sebagai rak gantung untuk menaruh pernak-pernik atau bahan kebutuhan dapur.

5. Taruh Kursi Dapur yang Unik dan Estetik

Taruh Kursi Dapur yang Unik dan Estetik
Taruh Kursi Dapur yang Unik dan Estetik

Desain dapur minimalis modern biasanya identik dengan perabotannya yang unik dan estetik, salah satunya bisa dilihat dari kursi dapur yang digunakan. Agar dapur minimalismu tidak kelihatan biasa saja, kamu bisa digunakan kursi dapur yang dudukannya terbuat dari bahan alami seperti bambu atau kayu, yang dipadukan dengan kaki kursi yang terbuat dari baja atau besi.

6. Kesan Elegan dengan Warna Monokrom Hitam dan Putih

Kesan Elegan dengan Warna Monokrom Hitam dan Putih
Kesan Elegan dengan Warna Monokrom Hitam dan Putih

Warna monokrom merupakan salah satu pilihan warna favorit untuk diaplikasikan di ruangan dengan desain minimalis. Penggunaan warna monokrom akan memberi kesan elegan tersendiri bagi dapurmu yang berukuran mungil. Kamu bisa pilih warna monokrom hitam dan putih untuk, misalnya seperti countertop dan kabinet berwarna putih dengan perabotan berwarna hitam.

7. Kombinasikan Bahan Kayu dan Batu Granit

Kombinasikan Bahan Kayu dan Batu Granit
Kombinasikan Bahan Kayu dan Batu Granit

Desain dapur yang ciamik juga bakal bisa kamu hadirkan dengan mengombinasikan penggunaan bahan keramik dan granit untuk dapur minimalismu. Bahan batu granit  yang berwarna hitam bisa kamu gunakan untuk bagian countertop dan meja makan di dapur, sedangkan bahan kayu bisa diperuntukkan bagi kabinet atas dan bawah di dapur tersebut.

8. Tonjolkan Kesan Ceria dengan Warna Terang

Tonjolkan Kesan Ceria dengan Warna Terang
Tonjolkan Kesan Ceria dengan Warna Terang

Bagi kamu yang ingin menghadirkan kesan ceria dan lebih hidup di dapurmu, kamu bisa pilih warna-warna terang. Pada bagian dinding dapur, kamu bisa cat dindingnya dengan warna biru langit, pilihan kursi dapurnya yang berwarna kuning, lalu dipadukan dengan kabinet dan countertop yang berwarna putih. Kesan cerah dan ceria dijamin bakal terpancar dari dapurmu ini.

9. Kesan Classy dengan Kombinasi Warna Putih dan Krem

Hadirkan Kesan Classy dengan Kombinasi Warna di dapurmu Putih dan Krem
Kesan Classy dengan Kombinasi Warna Putih dan Krem

Nuansa classy dan homey bakal terpancar dari perpaduan warna putih dan krem yang kamu pakai untuk desain dapur minimalismu. Warna krem ini selain dari penggunaan cat, juga bisa kamu dapatkan dari penggunaan perabotan dapur yang berbahan kayu. Agar hasilnya lebih estetik, kamu bisa pasang lampu hias dengan pilihan warna putih atau krem, sebagai sumber penerangan dapur.

10. Beri Sentuhan Warna Biru di dinding dapur

Beri Sentuhan Warna Biru di dinding dapur
Beri Sentuhan Warna Biru di dinding dapur

Warna biru merupakan salah satu warna yang identik dengan konsep minimalism. Nah, kamu bisa beri sentuhan warna biru ini dapur, pada bagian dinding dapur yang berada di antara kabinet atas dan bawah. Warna biru bisa berasal dari warna cat dinding, keramik, atau wallpaper khusus berwarna biru yang kamu pasang di dinding dapur tersebut.

11. Taruh Tanaman di Sudut Dapur agar Terlihat Cantik

Taruh Tanaman di Sudut Dapur agar Makin Terlihat Cantik
Taruh Tanaman di Sudut Dapur agar Terlihat Cantik

Pada sudut dapur yang kosong, kamu bisa taruh vas atau pot tanaman, untuk menyempurnakan desain dapur minimalis yang kamu pakai. Selain diletakkan di lantai sudut dapur, kamu juga bisa taruh pot berisikan tanaman tersebut di sudut countertop dapurmu. Selain bikin dapurmu makin kelihatan cantik dan elegan, suasana dapur pun bakal terasa lebih hidup.

12. Pilih Keramik untuk Melapisi Dinding

Pilih Keramik untuk Melapisi Dinding
Pilih Keramik untuk Melapisi Dinding

Bagi kamu yang takut akan kotornya dinding akibat percikan makanan saat memasak, bisa banget nih memilih keramik untuk melapisi dinding. Untuk desain dapur minimalis, kamu bisa pilih keramik berukuran kecil dan berwarna polos, untuk melapisi dinding dapurmu. Nantinya, pilihlah perabotan dapur yang warnanya padu dengan warna dinding keramik tersebut.

Gimana, sudah bisa membayangkan sekarang desain dapur minimalis mana yang rasanya cocok untuk diaplikasikan ke dapur rumahmu? Dapur dengan desain yang minimalis, bakal bisa membuatmu merasa nyaman dan betah menghabiskan waktu untuk memasak di sana. Kamu yang ingin bikin konten masak-memasak, cocok banget nih mengaplikasikan desain ini untuk dapurmu. Lengkapi juga berbagai furnitur dapur yang bisa kamu pilih di Olympic Furniture.

6 Tips Desain Ruang TV Minimalis Modern untuk Rumah Anda

Anti Boring, Yuk Coba 8 Ide Cat Kamar Tidur 2 Warna Ini!