Logo

Bentuk Rumah Minimalis dari Sisi Luar, Tampilan Elegan

Memiliki rumah bergaya minimalis merupakan impian dari banyak orang saat ini. Bagaimana tidak, dengan penataan gaya rumah yang tidak berlebihan, namun rumah tetap bisa terlihat modern, elegan, bahkan mewah. Rumah pun akan jauh dari kesan sempit, karena furnitur atau perabotan yang dipilih ditata dengan sedemikian rupa agar rumah bisa terasa lapang.

Nah, untuk menghadirkan kesan minimalis dari rumah ini, tidak hanya interiornya saja yang perlu diutak-atik, melainkan juga eksterior atau bagian luar dari rumah tersebut. Dengan begini, saat orang-orang melihat rumah dari luar, maka akan bisa langsung merasakan kesan minimalisnya tersebut. Kamu bisa intip pembahasan bentuk rumah minimalis dari sisi luar di bawah ini.

1. Menggunakan Cat Netral

Bentuk rumah minimalis Menggunakan Cat Netral
Menggunakan Cat Netral | Gambar: Homestratosphere.com

Salah satu ciri khas dari bentuk rumah minimalis pada sisi luarnya adalah penggunaan cat dinding dengan warna netral. Makanya, tidak mengherankan jika kamu kerap melihat rumah minimalis dengan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, krem, ataupun warna-warna pastel. Bahkan, sebagian besar rumah minimalis menggunakan warna putih untuk cat dindingnya bagian luar.

Pun begitu, bukan berarti warna bagian luar rumah minimalis terkesan monoton karena menggunakan satu pilihan warna saja. Biasanya, warna netral ini akan dipadukan dengan warna-warna lain yang terlihat cocok, untuk beberapa bagian rumah yang terlihat dari luar. Misalnya saja, dinding berwarna putih akan dipadukan dengan warna hitam pada pintu dan kusen jendela.

2. Menampilkan Unsur Geometris

rumah minimalis dari luar Menampilkan Unsur Geometris
Menampilkan Unsur Geometris | Gambar: Archdaily.com

Hal unik lainnya dari rumah minimalis adalah pengaplikasian unsur geometris pada bentuk rumahnya. Jadi, jangan heran jika kamu melihat bentuk rumah minimalis yang menyerupai kubus atau persegi panjang. Untuk atapnya sendiri pun terkadang tidak memakai atap dengan bentuk segitiga, melainkan atap yang bentuknya lurus atau datar.

Pengaplikasian unsur geometris memang bukanlah hal yang baru lagi pada desain rumah minimalis. Salah satu alasan dibalik desain rumah yang berbentuk geometris ini adalah membuat bentuk rumah jadi terlihat lebih jelas, serta menonjolkan kesan simpel dari desain rumah tersebut. Tentu saja, desain ini juga membuat rumah minimalis terlihat berbeda dari rumah pada umumnya.

3. Jendela Ukuran Besar

bentuk rumah minimalis Jendela Ukuran Besar
Jendela Ukuran Besar | Gambar: Contemporist.com

Bentuk rumah minimalis yang mungkin juga kerap dilihat oleh banyak orang adalah memiliki jendela yang berukuran besar. Bahkan, tidak jarang pada beberapa rumah minimalis, jendelanya tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai dinding dari rumah minimalis tersebut. Pemilihan jendela berukuran besar untuk rumah minimalis tentu punya alasan tersendiri.

Penggunaan jendela besar pada rumah minimalis akan memaksimalkan sinar matahari sekaligus pencahayaan ke dalam rumah. Selain untuk mengoptimalkan pencahayaan, sirkulasi udara yang masuk dan keluar rumah pun akan berlangsung dengan lancar. Penggunaan jendela berukuran besar ini pun akan memberikan ilusi seolah-olah ukuran rumah lebih luas dari kondisi sebenarnya.

Baca Juga! 7 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Bisa Jadi Inspirasimu

4. Memiliki Taman Minimalis

Memiliki Taman Minimalis bagus untuk rumah bagian luar
Memiliki Taman Minimalis | Gambar: Thewest.com.au

Rumah minimalis juga identik dengan keberadaan taman minimalis di area depan rumah. Meskipun ukurannya kecil, namun nuansa hijau dari taman tersebut bakal bisa menghadirkan kesan alami dan simpel bagi rumah minimalis tersebut. Makanya, sekecil apapun ruang di area depan rumah minimalis, biasanya akan diusahakan untuk dimanfaatkan sebagai taman berukuran minimalis.

Kehadiran taman berukuran minimalis pada rumah minimalis akan memberikan efek yang menenangkan pada saat orang melihat rumah tersebut dari luar. Jika kamu tertarik untuk memiliki taman minimalis juga, kamu bisa pasang rumput asli ataupun rumput estetik di taman tersebut. Warna hijau yang identik dengan kealamian ini akan menyambutmu pulang setiap harinya.

5. Menghadirkan Elemen Kayu/Batu

bentuk rumah dari luar Menghadirkan Elemen Kayu dan Batu
Menghadirkan Elemen Kayu/Batu | Gambar: Homedit.com

Rumah minimalis juga identik dengan penggunaan kayu atau batu alam dalam pembuatan bangunannya. Makanya, tidak mengherankan jika kamu melihat rumah minimalis dari luar, terdapat dinding yang terbuat dari kayu ataupun batu alam. Penggunaan kayu ataupun batu alam ini menambah kesan alami dan tentunya unik pada rumah minimalis tersebut.

Selain untuk menghadirkan kesan alami, penggunaan elemen alam seperti kayu dan batu alam ini juga punya maksud lainnya. Bahan-bahan alami ini dianggap timeless alias tidak akan tergerus oleh waktu penggunaannya, serta tahan lama untuk digunakan. Jadi, kamu sebagai pemilik rumah minimalis nantinya tidak perlu repot untuk merenovasi rumah agar bisa selalu mengikuti tren.

6. Teras dengan Furnitur

Teras dengan Furniture untuk bagian luar rumah minimalis
Teras dengan Furnitur | Gambar: Loveproperty.com

Saat melihat bentuk rumah minimalis, kamu biasanya juga bakal menemukan teras dengan ukuran yang cukup mungil di area depan rumah tersebut. Selain sebagai penghubung antara bagian luar dan bagian dalam rumah, teras juga biasa menjadi tempat untuk bersantai, apalagi dengan keberadaan furnitur yang secara khusus diletakkan di teras tersebut.

Pada teras ini, biasanya bisa kamu temukan furnitur berbahan plastik ataupun kayu berupa meja dan kursi. Pada furnitur yang biasa diletakkan di teras inilah, kamu bisa bersantai dengan keluarga, sekaligus memandangi indahnya taman yang berisikan tanaman hijau di depan rumah minimalis. Dengan begini, bisa dipastikan semua bagian rumah minimalis bisa membuat nyaman para penghuninya.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai bentuk rumah minimalis, yang bisa juga kamu jadikan referensi untuk membangun rumah minimalismu nanti. Rumah minimalis memiliki konsep desain tersendiri, yang membuatnya terlihat unik dibandingkan dengan rumah pada umumnya. Keunikannya ini dipadu dengan kesan yang simpel, tenang, dan lapang bagi penghuni dan orang yang melihatnya. Lengkapi semua furniture rumah dengan Olympic Furniture, wujudkan rumah nyaman dan estetik.

7 Ide Dekorasi Kamar Aesthetic Jadi Keren

10 Desain Kamar Aesthetic Minimalis yang Bikin Betah