Logo

8 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis, Aesthetic & Super Nyaman

Desain ruang tamu minimalis telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak pemilik rumah yang menginginkan tampilan yang bersih, terorganisir, namun tetap elegan. Dalam menciptakan ruang tamu minimalis yang menawan, terdapat beragam ide yang dapat dijelajahi untuk mengoptimalkan ruang yang terbatas dengan cara yang kreatif dan fungsional.

Daftar Desain Ruang Tamu Minimalis

Mulai dari ruang tamu teras hingga konsep open space, setiap ide desain menawarkan kemungkinan yang menarik untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menarik dalam rumahmu.

1. Ruang Tamu Teras

Dekorasi Ruang Tamu Teras

Dekorasi Ruang Tamu Teras | Gambar : Pexels.com

Siapa bilang ruang tamu harus selalu berada di dalam rumah yang dibatasi oleh dinding tertutup? Kamu juga bisa lho memindahkan ruang tamu ke teras permukaan untuk menyiasati lahan yang terbatas. Desain minimalis pun sangat pas untuk melengkapi ruang tamu seperti ini.
Ruang tamu teras dapat didesain ala Japandi (Japanese-Scandinavian) industrial. Dengan didominasi warna abu-abu tua, ruang tamu terasa adem tanpa membuatnya terlihat suram. Untuk ruang tamu teras tersebut, kamu bisa melengkapinya dengan set sofa dan kursi goyang yang super nyaman.

Dijamin kamu betah duduk-duduk di depan rumah saat sore hari meskipun sedang tidak ada tamu. Selain set sofa, tambahkan pula meja tamu yang mempunyai bentuk futuristik untuk menyempurnakan desainnya. Dan sebagai sentuhan terakhir, letakkan tanaman hijau dalam pot untuk dekorasi.

2. Desain Ala Rumah Perancis

Dekorasi Ruang Tamu Ala Rumah Perancis

Dekorasi Ruang Tamu Ala Rumah Perancis | Gambar : Pexels.com

Desain ruang tamu minimalis ala rumah Perancis akan membuat hunian dengan lahan terbatas jadi terlihat elegan nan mewah. Sama seperti sebelumnya, desain ini juga bisa diterapkan apabila kamu ingin memiliki ruang tamu teras. Jadi ruangan di dalam rumah dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain, seperti ruang keluarga hingga ruang kerja khusus.

Adapun ciri khas desain ala Perancis yaitu terletak pada dekorasinya yang berupa bunga-bunga dalam vas maupun pot. Kamu bisa meletakkan dekorasi ini di atas meja ataupun sudut-sudut ruang tamu. Selain membuat ruangan terlihat lebih cantik, adanya dekorasi ini mampu membuat suasana rumah menjadi lebih segar.

Supaya desainnya lebih menonjol, ruang tamu bisa dilengkapi dengan kursi dan meja klasik yang terbuat dari kayu maupun rotan. Kamu dapat menambahkan dudukan busa pada kursi sehingga terasa nyaman.

3. Ruang Tamu Vintage

Dekorasi Ruang Tamu Vintage | Gambar : Pexels.com

Dekorasi Ruang Tamu Vintage | Gambar : Pexels.com

Desain vintage tidak pernah ketinggalan zaman untuk diterapkan pada desain ruang tamu minimalis di rumah. Desain ini memiliki kesan timeless sehingga patut dipertimbangkan. Apalagi ruang tamu yang umumnya terletak di area paling depan hunian, berperan sebagai ruang transisi antara area publik dengan area privat di rumah.

Oleh karena itu, tidak heran apabila tampilan ruang tamu ingin dibuat berbeda dengan ruangan lainnya di dalam hunian. Jika kamu juga ingin seperti itu, maka desain vintage merupakan pilihan yang tepat. Desain ini tidak hanya nyaman, tapi juga membuat ruang tamu terlihat eye catching.

Perbanyak furniture jadul dan antik untuk melengkapi dekorasi ruang tamu agar kesan vintage lebih terasa. Kemudian kombinasikan penggunaan warna-warna earth tone pada furniture tersebut, juga pada dinding rumah maupun lantai ruang tamu.

Baca Juga! 7+ Ide Terbaru Desain Ruang Tamu Minimalis Homey dan Super Nyaman

4. Elegan dan Modern

Dekorasi Ruang Tamu Elegan dan Modern

Dekorasi Ruang Tamu Elegan dan Modern | Gambar : Pexels.com

Memiliki ruang tamu dengan luas yang terbatas memang seharusnya tidak menghambatmu untuk menghadirkan kesan elegan di rumah. Memberikan sentuhan elegan dan modern pada ruang tamu minimalis sebenarnya tidak sulit. Kamu bisa bermain pada warna dan furniture yang digunakan untuk memperoleh ruangan berkonsep demikian.

psi warna yang dapat dijadikan pilihan di antaranya yaitu putih, coklat muda, beige, abu-abu, hingga warna pastel. Nantinya furniture yang digunakan bisa menyesuaikan. Misalnya kamu menerapkan warna cat cerah di ruang tamu, sebaiknya furniture yang diletakkan di ruangan juga punya warna senada.

Kamu juga bisa menambahkan dekorasi dengan material kayu pada dinding untuk meningkatkan kesan elegannya. Perpaduan elemen-elemen tersebut akan membuat ruang tamu terlihat modern serta lebih berkelas.

5. Ruang Tamu Aesthetic

Dekorasi Ruang Tamu Aesthetic | Gambar : Pexels.com

Dekorasi Ruang Tamu Aesthetic | Gambar : Pexels.com

Buat yang sering mengaku sebagai ‘anak senja’, pasti ingin sekali memiliki ruang tamu yang estetik di rumah. Tenang, menghadirkan kesan estetik ini pun sebenarnya tidak sulit jika kamu sudah menemukan konsep yang tepat.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan apabila ingin membuat ruang tamu sedap dipandang seperti ini. Mulai dari pemilihan warna, perabotan, sampai dekorasinya. Kamu bisa memadukan cat dinding dan furniture dengan warna senada untuk memperoleh tampilan yang memukau.

Sementara untuk pernak-perniknya, coba gunakan lampu hias gantung, tanaman hias dengan pot cantik, ataupun hiasan dinding lainnya yang disukai. Tapi jangan lupa untuk kembali menyesuaikan warnanya dengan tema ruangan supaya tetap selaras.

6. Ruang Tamu Industrial

Dekorasi Ruang Tamu Industrial

Dekorasi Ruang Tamu Industrial | Gambar : Pexels.com

Konsep industrial banyak dipilih untuk ruang tamu minimalis di zaman sekarang. Itu karena desainnya unik dan begitu memanjakan mata. Apalagi untuk mendapatkan keunikan tersebut cukup effortless. Karena dinding ruang tamu bisa dibiarkan unfinished tanpa cat, yang menjadi ciri khas tema industrial.

Untuk menonjolkan konsepnya, kamu bisa menerapkan penggunaan lantai beton dan interiornya dipenuhi warna monokromatik. Model seperti ini sangat pas diterapkan buat kamu yang suka konsep rumah maskulin.

Kesan maskulinnya juga bisa diperoleh dari pemakaian perabot sofa berwarna gelap, meja kayu tanpa diplitur, dan lain-lain. Sisanya bisa disesuaikan dengan selera, tapi jangan lupa dengan konsep awal yang ingin diterapkan.

7. Minimalis Mewah

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Mewah

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Mewah | Gambar : Pexels.com

Gaya dan konsep ruang tamu umumnya dipengaruhi oleh furniture yang digunakan. Meski begitu, kamu tidak selalu harus menggunakan perabot mahal untuk memperoleh kesan mewah seperti yang diinginkan.

Ruangan bisa menggunakan jenis plafon bertingkat up ceiling yang membuatnya terasa jauh lebih tinggi. Selain itu, hadirkan aksen wall moulding pada dinding ruang tamu. Perpaduan ini akan memberimu kesan mewah yang diharapkan.

Atau bisa juga andalkan furniture berkelas seperti sofa kulit, meja kaca ataupun meja marmer, sampai hiasan dinding berupa karya seni cantik. Dianjurkan untuk memilih warna cat dinding netral seperti putih supaya terlihat elegan.

8. Konsep Open Space

Dekorasi Ruang Tamu Konsep Open Space

Dekorasi Ruang Tamu Konsep Open Space | Gambar : Pexels.com

Menerapkan konsep open space pada ruang tamu minimalis akan membuatnya terlihat lebih luas. Konsep ini memungkinkan para penghuni rumah untuk bergerak lebih leluasa saat melakukan aktivitas mereka.

Untuk warna dinding, gunakan warna-warna netral yang identik dengan konsep minimalis. Karena pada dasarnya minimalis secara konsep adalah meminimalisir hal-hal yang tidak perlu. Hal ini berlaku pula pada perabotan yang digunakan di ruang tamu.

Jika memungkinkan, sebaiknya cukup letakkan sofa dan meja saja. Rak dapat kamu pakai sebagai partisi untuk memisahkan ruang tamu dari ruangan lainnya. Kamu bisa memilih warna lain untuk sofa dan meja tersebut sebagai pemanis pada ruangan.

Dengan ide-ide desain ruang tamu minimalis yang kreatif dan inspiratif, kamu dapat mengubah ruang tamu menjadi pusat perhatian yang elegan dan fungsional. Selain itu, dekorasi ruang tamu dengan rak tv minimalis, nakas, meja ruang tamu dan rak serbaguna dari Olympic Furniture. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah.

Inspirasi Contoh Rumah Kayu Sederhana Tampilan Back to Nature

8 Desain untuk Ciptakan Ruang Tamu Minimalis Modern