Logo

Estetik Walau Kecil, Cek 7 Desain Kamar Tidur Kecil Ukuran 2X2

Kalau kamu punya kamar yang berukuran kecil, jangan jadikan hal itu alasan untuk tidak mendesain kamarmu jadi se-estetik mungkin. Meskipun kamu punya kamar tidur 2X2 sekalipun, kamu bakal bisa mengubahnya menjadi kamar minimalis nan estetik dengan ide desain yang tepat. Mendesain kamar tidur sesuai dengan kemauanmu akan membuat kamu betah dan kamu pun pasti akan semakin nyaman.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, pertimbangkanlah pemilihan furnitur yang cerdas. Pilihlah tempat tidur dengan ukuran yang sesuai dan tambahkan rak dinding yang dapat menampung berbagai barang, seperti buku, jam, atau benda-benda dekoratif lainnya. Gunakan cermin besar untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Sebagai inspirasi, kamu bisa sontek 7 ide desain kamar tidur kecil 2X2 berikut ini:

1. Hadirkan Nuansa Putih

Kamar tidur kecil Hadirkan Nuansa Putih
Hadirkan Nuansa Putih

Konsep minimalis begitu identik dengan warna putih. Makanya, tidak ada salahnya jika kamu desain kamar tidur sempit 2X2 itu dengan menggunakan cat dinding berwarna putih. Warna putih akan memberi kesan lebih luas dan lapang di kamar tidur yang minimalis tersebut, serta memberi kesan lebih bersih dan lebih cerah.

Agar kamar tidur 2X2 ini tidak terasa sempit, kamu bisa tambahkan rak yang menempel di dinding, pada bagian atas kasurnya. Kamu bisa taruh buku-buku ataupun barang-barang lain yang kamu perlukan di rak tersebut. Tidak lupa, agar kamar tidur makin terlihat estetik, kamu bisa pajang satu atau dua lukisan berukuran kecil di dinding kamar tidur.

2. Kasur di Samping Jendela

Kasur di Samping Jendela untuk kamar sederhana
Kasur di Samping Jendela

Kecilnya ukuran kamar jangan sampai menghalangimu untuk menghadirkan nuansa kamar yang estetik. Jika kebetulan kamar tidurmu memiliki jendela yang berukuran besar, taruhlah tempat tidur di dekat jendela tersebut. Pemandangan di luar jendela yang terhampar luas bakal bisa menghasilkan efek seolah-olah kamar tidurmu terasa luas.

Selain memberikan efek luas, jendela kamar yang besar juga akan memastikan lancarnya sirkulasi udara, serta memastikan cahaya matahari yang cukup masuk dan menyinari kamar. Agar kamar tidurmu yang minimalis itu terasa lebih lapang, pastikan area sekitar kasur bebas dari barang-barang. Dengan begini, kamar yang sempit pun bakal terasa luas.

3. Pasang Kasur Tingkat

Pasang Kasur Tingkat untuk kamar tidurmu
Pasang Kasur Tingkat

Salah satu cara desain kamar tidur sempit 2X2 adalah dengan memilih kasur tingkat atau bunk bed. Namun, alih-alih terdiri dari dua buah kasur, bagian bawah kasur tingkat ini berisikan rak-rak bahkan lemari, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan di kamar tidur, tanpa membuatnya terasa sempit.

Untuk pilihan warna kamarnya sendiri, kamu bisa pilih warna netral seperti putih, lalu dipadu dengan dipan kasur bertingkat yang terbuat dari kayu berwarna cokelat atau krem. Usahakan cahaya dari jendela bisa masuk ke kamar, sehingga kamar bisa terasa lebih terang dan luas atau bisa juga disiasati dengan memajang kaca di dinding kamar.

Baca Juga! 7 Tren Desain Kamar Tidur Minimalis, Ruangan Terasa Luas

4. Coba Kasur Tanpa Dipan

Pilih Kasur Tanpa Dipan untuk kamar kecil
Coba Kasur Tanpa Dipan

Salah satu cara agar kamar minimalis 2x2 terasa lebih lapang adalah dengan tidak memakai dipan. Kamu bisa taruh karpet dengan corak yang menarik di permukaan lantai sebagai alas bagi kasurmu yang berukuran single. Sisa karpet yang digunakan bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk duduk-duduk atau bersantai di dalam kamar.

Jika masih memungkinkan, taruhlah nakas atau meja kecil di samping tempat tidur. Pada meja kecil tersebut, kamu bisa taruh pot bunga ataupun pernak-pernik berukuran kecil, untuk menambah keestetikan kamarmu. Tidak lupa, pasang hiasan di dinding kamar sehingga dinding kamar tidak terkesan polos dan monoton.

5. Dipan Berwarna Netral

Pilih Dipan Berwarna Netral penting untuk kamar minimalis
Dipan Berwarna Netral

Ide desain kamar tidur 2X2 selanjutnya adalah memilih dipan berukuran kecil yang berwarna netral atau senada dengan warna cat dinding kamar. Jika cat dinding kamar putih, kamu juga baiknya memilih dipan berwarna putih atau berwarna netral seperti abu-abu, cokelat, emas atau bisa juga warna hitam.

Pada bagian atas kepala dipan, kamu bisa taruh beberapa pajangan atau lukisan untuk mengisi kekosongan area di sana. Tidak lupa, agar kesan segar dan alami bisa terasa di kamar minimalismu, taruhlah tanaman hias berwarna hijau di posisi deret yang sama dengan pajangan tadi. Terakhir, taruh nakas kecil di sisi kasur, untuk meletakkan barang-barang penting untukmu.

6. Pajang Kaca Besar di Dinding

Selalu tempatkan Pajang Kaca Besar di Dinding di kamarmu
Pajang Kaca Besar di Dinding

Salah satu cara mengakali kamar yang sempit agar terasa lapang adalah dengan memasang cermin dengan ukuran yang cukup besar di dinding kamar. Untuk desain kamar tidur kecil 2X2, kamu bisa taruh kaca tersebut di dinding bagian atas yang sejajar dengan bagian kepala dipan. Pilihlah kaca yang desainnya estetik, agar bisa sekaligus berfungsi sebagai dekorasi kamar.

Untuk posisi kasur sendiri, baiknya kamu letakkan tepat di sudut kamar tidur, sehingga tidak ada area yang tersisa di antara dinding dan kasur tersebut. Pada sisi lain yang masih tersisa ruang, kamu bisa letakkan meja atau nakas berukuran kecil, untuk kamu jadikan sebagai tempat meletakkan lampu tidur, ponsel, atau barang-barang yang kamu butuhkan sehari-hari.

7. Dipan dari Kayu Kecil

Pilih Dipan dari Kayu modern
Dipan dari Kayu Kecil

Salah satu ciri khas dari konsep minimalis adalah penggunaan barang-barang yang terbuat dari kayu. Nah, kamu bisa pilih dipan yang terbuat dari kayu berkualitas, untuk mengisi kamar tidurmu yang minimalis tersebut. Jika memungkinkan, pilihlah dipan yang sekaligus memiliki fitur laci di bagian bawahnya, sehingga bisa menghemat ruangmu untuk meletakkan barang-barang.

Dipan kayu yang biasanya berwarna krem akan sangat cocok dipadukan dengan cat dinding kamar yang berwarna putih. Pada bagian jendela, pilihlah juga tirai dengan warna senada. Saat tirai dibuka dan cahaya matahari masuk ke dalam kamar, warna kamar yang dipilih akan membantu kamar yang minimalis terasa lebih lapang.

Nah, itulah tadi beberapa ide desain kamar tidur kecil 2X2 yang bisa kamu aplikasikan pada kamar tidurmu yang minimalis. Jangan biarkan ukuran kamar tidur yang kecil membuatmu tidak betah berada di dalamnya. Aturlah kamar tidur dengan desain yang dibagikan di atas, agar kamu nyaman untuk menghabiskan waktu di sana. Pilih lemari pakaian Olympic untuk menyimpan semua pakaianmu, desain minimalis dengan material kuat hanya Olympic Furniture.

12 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Dijamin Bikin Betah!

10 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Tepat untuk Kamar Tidur